Semua orang bisa merekam suaranya untuk voice over. Tapi tidak semua orang bisa menjadi voice over artist yang diharapkan. Indonesia Voice Over memberikan hasil VO dengan standar tertinggi. Bagaimana itu didapatkan? Berikut 9 tips untuk menjadi voice over artist yang baik:

Tip Voice Over 1: Bicara dengan Jelas
Ini sudah jelas. Dengan sulih suara apapun – tidak peduli seberapa cepat – kejelasan adalah kunci. Setiap kata harus didengar oleh pendengar; dengan demikian, setiap kalimat kacau bisa menghancurkan itu.

Praktek berbicara dengan pengucapan yang benar. Mungkin terasa aneh awalnya, tetapi pada rekaman, itu akan terdengar tepat.

Tip Voice Over 2: Berbicara Dengan Keyakinan
Um … hai ada … nama saya, eh, Amir…

Maaf, Amir. Tidak ada yang akan mendengar sisa pidato Anda.

Apakah ini adalah contoh klise? Mungkin. Tapi itu membuktikan kalau ketidakyakinan akan menghancurkan pesan anda.

Yakinlah dengan perkataan anda. Bayangkan bahwa Anda sedang berusaha untuk membelah batu bata – setiap keraguan akan menyebabkan patah tangan, bukan bata yang rusak. Hal yang sama berlaku untuk skrip unik di mana Anda harus membuat suara aneh.

Tip Voice Over 3: Katakan dengan hati
Tip ini adalah tentang berbicara dengan koneksi ke materi Anda: Anda harus percaya apa yang Anda bicarakan.

Ketika Anda berbicara dengan antusias, orang dapat mendengar perbedaannya. Ini halus, tapi benar-benar beresonansi dengan script yang membuat suara Anda lebih dipercaya dan meyakinkan.

Tip Voice Over 4: Bunuh Ego Anda
Anda harus rendah hati dalam hidup, dan jika Anda tidak rendah hati, hidup akan membuat Anda rendah hati.

– Mike Tyson

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang lebih baik daripada Anda. Anda akan belajar banyak dari mereka.

Pergi ke kelas dan workshop di mana semua orang lebih maju dalam karir mereka dari Anda. Dengarkan saran mereka; itu bisa menjadi sulit, tapi AKAN membuat Anda lebih baik.

Tip Voice Over 5: Rawat Suara Anda
Tidak seperti gitaris, pianis, atau drummer, dengan suara, tubuh Anda adalah instrumen Anda.

Perhatikan bagaimana musisi profesional mengurus instrumen mereka: mereka obsesif membersihkannya, mempertahankannya, memperbaiki bagian yang rusak, dan menyimpannya dalam tempat yang baik, nyaman. Bagaimana Anda menangani instrumen Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mengurus itu, mempertahankannya, dan tetap dalam kondisi murni?

Berikut adalah beberapa tips:

Membangun fondasi dengan pola pernapasan yang baik – dari diafragma Anda, bukan dada Anda – sehingga Anda mencegah ketegangan yang tak perlu pada pita suara Anda.
Tetap terhidrasi sepanjang hari. Minum air dengan setiap kali makan dan mengisi botol liter dan minum secara berkala. Ini mungkin tampak seperti banyak air, tetapi kebanyakan orang mengalami dehidrasi kronis.
Hindari tempat-tempat di mana Anda harus berteriak.
Tidur setidaknya tujuh jam semalam. Sebuah suara lelah terdengar buruk. Tubuh yang lelah juga buruk bagi suara Anda.
Hindari berbisik. Sulit pada suara Anda dan strain pada pita suara Anda.
Tip Voice Over 6: Pemanasan
Sebelum seorang pelari Olimpiade mencoba untuk menetapkan rekor dunia, Anda lebih baik percaya dia telah menghabiskan tiga jam terakhir (atau lebih) pemanasan setiap inci tubuh mereka.

Mulailah setiap pagi dengan pemanasa. Regangkan otot-otot wajah Anda. Bersenandung. Rilekskan otot-otot leher Anda. Lakukan latihan pernapasan.

Bahkan jika Anda tidak pernah menghabiskan waktu untuk pemanasan, hanya mengambil lima menit di pagi hari untuk persiapan suara Anda. Ini akan melakukan keajaiban untuk suara dan kesehatan tenggorokan Anda.

Tip Voice Over 7: Latihan”Memabaca Kilat”
Dalam musik, membaca kilat adalah kemampuan untuk membaca lembaran musik – sesuatu yang belum pernah Anda lihat sebelumnya – dan bermain pada instrumen Anda.

Untuk proyek-proyek besar yang bisa berlangsung berjam-jam dan jam – seperti melakukan suara lebih untuk buku audio atau video pendidikan – menjadi sia-sia dan memakan waktu untuk membaca, membaca ulang, dan membaca script lagi sebelum memulai sulih suara Anda. Sebaliknya, berlatih berbicara baik ketika pertama kali membaca: mungkin diperlukan beberapa saat sebelum mulut dan mata mulai bekerja dan tersinkronisasi, tapi semakin lama akan bertambah baik

Tip Voice Over 8: Latihan

“We talkin’ about practice?”

– Allen Iverson

Iya. Kami bicara tentang latihan.

Seorang VO talent terbaik bisa mengatakan ribuan kata-kata sebelum melakukan kesalahan. Tapi itu butuh bertahun-tahun untuk menumbuhkan keterampilan itu. Latihan membuat sempurna dan yang sama berlaku dengan voice over.

Voice Over Pelatihan Tip 9: Rileks
Tip akhir ini bisa menjadi yang paling penting. Mengapa? Karena jika Anda baru dalam bisnis ini, mungkin tampak seperti setiap audisi atau pertunjukan bisa menjadi yang terakhir. Tiba-tiba, Anda menjadi super tegang.

Ambil napas dalam-dalam dari perut Anda dan napas. Tersenyum. (Anda benar-benar dapat mendengar melalui mic.) Merasa yakin akan kemampuan Anda dan tahu bahwa, tidak peduli apa, Anda sudah melakukan yang terbaik.

Leave a Reply